Selasa, 18 Juni 2013

Bermain Tinta Rahasia

Dalam kesempatan kali ini, kami ingin sekali mengajak pembaca khusus yang masih anak-anak harus didampingi yang dewasa untuk bermain dengan menggunakan bahan-bahan kimia yang pasti belajar sambil bermain. Sampai saat ini kami berusaha mengikis atau menghilangkan kesan kimia itu berbahaya atau menakutkan. Sebenarnya banyak sekali produk-produk yang kita pakai/konsumsi dalam kehidupan sehari dari bahan-bahan kimia, sebagian contoh : sabun, deterjen, lotion, bedak, lipstik, sirup, caos, balsem, membuat kue dengan baking soda, minuman bersoda atau seperti halnya yang sudah kami sampaikan lewat artikel-artikel dan lain-lainnya terlalu banyak untuk disebutkan.
Memang ada beberapa bahan kimia yang berbahaya tapi selama kita tahu karakteristik bahan kimia tersebut dan mengetahui prosedur penanganannya dan juga tidak disalahgunakan pasti bahan kimia tersebut tidak berbahaya.
Salah satu contoh
NaOH (natrium hidroksida) atau soda api. Karakteristik NaOH itu basa kuat, bila kena kulit akan panas, gatal & iritasi dikulit, bersifat korosif terhadap logam. Penanganannya tidak boleh kontak dengan kulit kita dan cara pengambilan NaOH harus memakai alat (semacam sendok) yang terbuat dari plastik/porselin.

Kembali ke permainan, kali ini kita akan bermain membuat tinta rahasia. Ya… sekedar untuk refreshing karena menumbuhkan kita jiwa ingin bermain & menyenangkan. Sebenarnya banyak sekali permainan-permainan dengan menggunakan bahan-bahan kimia, diantara :
* Membuat macam-macam tinta berwarna warni
* Membuat asap warna-warni
* Membuat kembang api cahaya berwarna-warni
* Membuat air berwarna-warni dengan bahan-bahan kimia tertentu
* dll
Membuat Tinta yang tidak dapat terlihat ( invisible ink ) atau tinta rahasia, bukan sulap bukan sihir
Formula 1
Ammonium chloride 1 gr
Aqua 15 – 20 cc
Ammonium chloride dilarutkan dalam aqua, tampung dalam botol.
Kertas yang ditulisi dengan tinta ini, bila didekatkan pada nyala api yg kecil atau dipres dgn setrika panas, maka tulisan tersebut akan tampak.
Formula 2
Caustic potas 100 mg
Phenolphtalein 400 mg
Aceton 35 cc
Aqua 64 cc
Caustic potas dilarutkan dalam air 50 cc, lalu phenolphtalein 400 mg yg dilarutkan dalam air 14 cc dan aceton 35 cc.
Campurkan dan tampung dalam botol. Kertas yang ditulis dengan tinta ini akan tampak tulisannya bila ditiupkan atau didekatkan dengan uap ammonia.
Formula 3
Cobalt chloride 1 dr
Mucilago of acacia 1dr
Aqua 1 oz
Campur ketiga bahan tersebut, larutkan, tampung dalam botol. Kertas yang ditulisi tinta ini akan berwarna biru bila dipanaskan, dan akan menghilang kembali bila didinginkan.
Formula 4
Cobalt chloride 10 gr
Gliserin 2 gr
Aqua 88 cc
Campur ketiga bahan tersebut, lalu tampung dalam botol. Kertas yang ditulisi tinta ini pada waktu mengering tulisannya akan hilang, yang kemudian bisa timbul kembali bila didekatkan diatas api.

1 komentar:

  1. Sebagai Kepala sekolah madrasah dan Taman Kanak Kanak, berterimakasih atas ilmu yang kelihatan sepele namun fun. Bagaimana cara membuat asap atau kembang api warna warni ? hanya bisa mengucapkan terima kasih bila berkenan kembali berbagi ilmu

    BalasHapus