Selasa, 18 Juni 2013

Cara Membuat Cetakan Silicon Untuk Patung

Karet silikon merupakan bahan yang ideal untuk pembuatan cetakan patung yang akan digandakan. Menghasilkan cetakan yang fleksibel, terperinci, bisa membuat cetakan yang paling rumit, dan tahan lama, tahan terhadap bahan kimia, dan bisa dibuat dengan cepat, serta bisa mengering pada temperatur ruangan . Untuk membuat cetakan yang lebih keras bisa menambahkan pengeras atau katalis, kelemahannya harganya mahal dan mudah robek. Karet yang paling umum adalah RTV (Room Temperature Vulcanizing). Terdapat dua bahan yaitu karet silicon dan katalis untuk mempercepat pengeringan dan menambah kekerasan karet. Bila terlalu banyak katalis karet akan mudah robek, untuk mengatasi masalah ini bisa dipakai kain kasa, serat fiber.
Setelah karet silicon kering, sering dibantu dengan penambahan penyanggah dari fiber glass, gypsum, atau polyurethane agar cetakan tidak berubah bentuk . Umumnya waktu pengeringan 18-24 jam. Waktu bisa diperpendek atau dipercepat dengan penambahan katalis ( pengeras ).Karet silicon aman pada kulit, asal tidak boleh terkenah mata dan tidak boleh ditelan.
Penambahan katalis biasanya sudah ditentukan oleh pabrik pembuatnya misalnya perbandingan karet dan katalis 100 banding 1. Dianjurkan penambahan katalis lebih sedikit dari aturan pabrik, agar waktu pengerjaan tidak terlalu cepat dan terburu-buru dan member kesempatan gelembung udara keluar kepermukaan. Penambahan katalis bisa mempercepat waktu pengeringan, kadang bisa kering dalam 1 jam, tetapi ini akan memperpendek umur karet dan sangat mudah sobek. Satu contoh bila menggunakan katalis yang disarankan bisa berumur 2 tahun, kalau penambahan katalis melebihi aturan mungkin hanya satu tahun atau kurang.
Karet silicon juga mempunyai waktu kadaluarsa, jadi anda harus memperhatikan bila akan membeli. Biasanya 6 bulan sampai 12 bulan dari tanggal pembuatan, tetapi kadang ada yang tahan satu tahun dari kadaluarsa, asal tersimpan dalam ruangan yang sejuk dan kering ( siapa yang tahu? )
Pengencer
Pengencer khusus silicon atau thinner bisa menurunkan kekentalan karet silicon, agar gelembung udara cepat naik kepermukaan, tetapi kurang efektif dan harganya mahal, kecuali untuk hal tertentu. Dan juga akan memperpanjang waktu pengeringan.
Aditif Thixotropic
Aditif thixotropic membuat campuran karet sikon lebih kental, tujuannya untuk membuat lapisan pada permukaan yang vertical, sehingga tidak mengumpul dibawah. Dan membuat permukaan mencapai ketebalan tertentu.
Mencampur Karet Silikon
Karena pengendapan selama penyimpanan, selalu aduk silikon dalam wadah asli sebelum menuangkan ke dalam cangkir pencampuran. Aduk terus dengan gerakan melingkar yang agak pemukulan atau menggunakan gerakan naik-turun, hindari timbulnya gelembung udara, kemudian diamkan beberapa menit agar gelembung udara naik kepermukaan. Agar tidak terjadi gelembung udara, gunakan pengaduk yang bulat seperti tabung, jangan persegi.
Selanjutnya, tuangkan jumlah yang diinginkan silikon ke dalam wadah pencampuran terpisah, seperti cangkir plastik atau gelas .
Menambahkan Katalis
Setelah menimbang sejumlah katalis sesuai timbangan atau rasio yang dianjurkan, masukkan kedalam karet silicon yang sudah ditimbang pada wadah yang terpisah tadi, ingat jangan dimasukkan kedalam karet pada wadah aslinya, atau seluruh karet silicon anda akan mengeras.
Aduk perlahan memutar dan dari atas kebawah agar mencampur rata. Hindari terjadinya gelembung udara, gerakan yang terlalu cepat akan menghasilkan gelembung udara. setelah cukup rata, baru bisa ditungkan.
Pengeringan bisa dipercepat dengan ruangan yang hangat.
Vakum udara
Alat vakum udara bisa membantu untuk mempercepat pengeluaran gelembung pada waktu pencampuran karet silicon.
Menuangkan atau Menerapkan Silikon
Jangan lupa bahwa obyek cetakan sudah dilapisi oleh pelumas atau sabun agar cetakan tidak lengket pada obyek. Kecuali pada obyek yang terbuat dari plastic atau fiber glass.
Hal yang paling penting adalah bagaimana supaya tidak terjadi gelembung udara didalam cetakan maupun di permukaan obyek cetakan. Karena ketika permukaan obyek cetakan aus, maka hasil cetakan akan timbul benjolan-benjolan yang sangat menggangu pekerjaan anda.
Ada beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut :
  1. Buat lapisan tipis pada permukaan obyek yang akan dibuat cetakan, setelah agak kering baru campuran karet bisa dituangkan.
  2. Miringkan permukaan yang akan dituang, dan mulai menuang pada permukaan pada pada posisi yang diatas. Dan biarkan mengalir kebawah, setelah itu baru cetakan ditidurkan kembali.
  3. Setelah anda menuang seluruh campuran, masukkan pengaduk kecil dari dalam tarik keatas, berulang sampai gelembung sudah hilang.
  4. Tambahkan mencair khusus silicon agar lebih cair, sehingga gelembung mudah keluar.
Memperkuat Cetakan
Agar karet silicon tidak mudah sobek, anda bisa memberikan lapisan pembalut perban, kain kasa, atau serat fiber. Tuangkan sedikit campuran karet silicon, bisa diratakan dengan kuas halus, setelah beberapa saat sampai lebih kental, lapisi semua dengan kain perban satu lapis, tuangkan sedikit lagi sehingga menutup seluruh permukaan, lapisi lagi, dan seterusnya sampai ketebalan yang diinginkan.
Melepas cetakan
Melepas cetakan, dianjurkan karet silicon benar benar kering, kalau tidak, ketika diangkat, akan terjadi perubahan bentuk cetakan yang akan dibuat. Biasanya bisa dirasakan kalau karet sudah tidak lengket. Tetapi tidak demikian bila karet silicon dicampur dengan olie silicon ( Silicone Oil ). Cetakan akan menjadi lengket dan sulit dilepas.
Sumber :
http://keramik88.com/ceramic-mould/cara-membuat-cetakan-silikon.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar