Selasa, 18 Juni 2013

CARA MEMBUAT PERMEN JELLY

Hampir setiap warung, toko, mini market maupun supermarket tersedia / wajib ada permen jelly karena jenis permen ini sangat disukai konsumen terutama anak-anak dengan segala rasa, warna  dan bentuk yang menarik berupa hewan, buah dll.
Permen jelly merupakan permen yang terbuat dari sari buah-buahan atau essens dengan berbagai macam rasa dan bahan pembentuk jel, dengan bentuk fisik jernih transparan serta mempunyai tektur kenyal seperti permen karet.  Bahan pembentuk jel yang biasa digunakan antara lain Gelatin, karagenan atau agar-agar. Permen jelly tergolong makanan semi basah, oleh karena itu cepat rusak…maka dari itu perlu pengawet untuk memperpanjang penyimpanannya.
Untuk menghindari lengket antara permen jelly satu sama lainnya maka perlu bahan pelapis yaitu campuran tepung tapioka dan tepung gula dengan perbandingan tertentu yg sudah disangrai selama beberapa menit.
Komposisi Bahan :
Gelatine 165 gr
Glukose 75 gr
Sodium propionat   gr
Buffer sitrat
Asam sitrat secukupnya
Gula  160
Pewarna secukupnya
Essens / Sari buah
Air
Peralatan yang digunakan : Wadah, pemanas, pengaduk, termometer & cetakan.
Cara Pembuatannya:
1. Gelatine + Air panas aduk rata sampai larut
2. ( 1 ) + sodium propinat aduk rata sampai larut
3. Glukose + Gula + Air dipanaskan dengan api kecil sampai suhu 110 derajat, kemudian tambahkan asam sitrat + Buffer sitrat sambil di aduk dan dipanaskan sampai 120 derajat lalu matikan.
4. (2 ) + ( 3 ) di aduk rata
5. ( 4 ) + Pewarna + Essens/sari buah… aduk rata
6. ( 5 ) tuang ke loyang atau cetakan, tunggu sampai dingin & kenyal ( kira-kira 1 hari ).
7. Siap diangkat dari cetakan, kemudian taburi dengan campuran tepung tapioka dan gula yang sudah di sangrai.
Khusus untuk permen jelly sari buah :
Pembuatan sari buah kita bisa menggunakan buah-buahan seperti nanas, mangga, jambu, buah naga dll.  Kita pilih salah satu buah kemudian kita kupas…dipotong kecil-kecil kemudian di BLENDER …tambahkan air sama dengan berat buah…kemudian di saring dengan kain saring. Hasil sari buah ini bisa diencerkan dengan air dengan perbandingan 1 : 1 ataupun 1 : 2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar